Filing
Pengertian Filing
Filing
adalah segala tindakan atau perbuatan atau kegiatan yang berhubungan dengan
masalah pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, penempatan, pemeliharaan dan
distribusi atas surat – surat, catatan – catatan, perhitungan – perhitungan,
grafik – grafik, data ataupun informasi yang lain dan tindakan tersebut
dilakukan dengan setepat – tepatnya dalam rangka melakakukan suatu proses
manajemen serta catatan maupun surat tersebut dapat ditemukan kembali dengan
mudah.
Mengapa
suatu Filing diperlukan dalam suatu perusahaan ?
dihubungkan
dengan bisa tidaknya surat yang disimpan tersebut dipakai dengan mengikuti
perubahan di waktu yang akan dating baik menyangkut masalah yang berhubungan
dengan perencanaan,pengembangan perusahaan, maupun kemajuan dan perubahan organisasi.
Masalah
keamanan penempatan FILING yang sebaiknya sewaktu – waktu jika diperlukan dapat
dengan mudah ditemukan, hal ini sangat penting karena menyankut dengan proses
pengambilan keputusan yang akan dilakukan perusahaan. Sehingga kecepatan waktu
dalam penemuan surat yang dibutuhkan seorang manager sangat perlu diperhatikan.
FILING
merupakan suatu tempat penampungan daya ingatan seorang manajer yang sewaktu –
waktu jika diperlukan harus dengan cepat ditemukan.
FILING yang
dibuat setepat – tepatnya baik pada saat penyimpanan disebut sebagai warkat
atau PAPERS
Papers
tersebut antara lain :
- Surat
pembayaran barang
- Surat
penerimaan barang
- Surat
hutang
- Surat
asuransi
- Surat
penjualan barang
- Surat
pengiriman barang dll
Penyusunan
Papers ke dalam File
Untuk
menunjang keamanan penyimpanan papaers bisa dilakukan dengan beberapa cara
misalnya :
1. system
penyusunan papers menurut abjad
Penyusunan
papers berdasarkan abjad ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya
berdasarkan :
a. Nama orang,
nama pendaftar, nama mahasiswa dan sebagainya
b. Masalah
yang akan dibahas, topic yang dibicarakan
Untuk
mempermudah penempatan dan penemuan kembali papers – papers yang bersangkutan
maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan papers pada awal nama diselipkan huruf
abjad yang sesuai dengan nama depan atau huruf depannya misalnya untu setiap
pengatian nama atau topic ditulis kedalam lembaran yang menonjol sehingga mudah
dlama mencari topic atau nama yang lainya.
2. system
penyusunan papers menurut subyek
Penyusunan
papers menurut subyek ini merupakan modifikasi dari penyusunan papers menurut
abjad. Modifikasi tersebut dalam hal ini surta atau subyek pokoknya jadi tidak
semata –mata abjadnya saja.
3. system
penyusunan papers menurut nomor
Penyusunan
papers ini dengan jalan menempatkan file – file kedalam tempat yang sesuai
untuk kemudian setiap tabs (adalah lembaran menonjol sehingga jelas menjadi
pembatas antara bagian – bagian yang berbeda) dari masing – masing file yang
dibubuhi nomor dan menempatkannya sesuai dengan nomor surat. Penyusunan ini
biasa digunakan untuk paper-papers seperti cek, wesel atau surat – surat
berharga lainnya.
4. system
penyusunan papers menurut daerah
File ini
digunakan pada instansi atau perusahaan yang mempunyai kantor cabang.
Manfaat
penggunaan system file ini yaitu dapat dengan mudah mengetahui luasnya wilayah
penjualan atau tanggung jawab masing-masing cabang sehingga dapat membuat atau
memperkirakan anggaran belanja, oengahasilan , biaya perseorangan yang dibutuhkan
untuk memperlancar operasi perusahaan.
5. system
penyusunan papers menurut waktu
Penyusunan
file dilakukan dengan memperhatikan urutan waktu penerimaan papers dan jangan
lupa system ini sangat ditunjang keberhasilannya dengan memakai system tabs.
Cara ini
biasanya dipakai untuk mencatat semua tagiahan menurut urutan jatuh tempo atau
pemberian kredit usaha ataupun korespondensi dan sebagainya.
Manfaat
system ini bisa diketahui kapan suatu piutang sudah saatnya ditagih, beberapa
jumlahnya dan berapa denda atau biaya ditanggung dalam jangka waktu pendek,
kapan saat mendesaknya dan sebagainya.
Perkembangan
Penyimpanan Data
Perkembangan
penyimpanan data yang diperlukan suatu perusahaan yang sewaktu – waktu dapat
diambil dengan mudah cepat berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan
teknologi.
Perkembangan
teknologi yang sangat membantu meringankan beban petugas penyimpanan data
adalah perkembangan teknologi di bidang teknik computer dimana dengan
perkembangan teknologi computer maka sekarang dapat digunakannya mesin – mesin
electronic data processing, pita suara, laser disc, compact disc dsb.
Ada batas –
batas waktu tertentu suatu papers sudah tidak dibutuhkan lagi atau diperlukan
surat – surat tertentu kita masukkan kedalam suatu file.
Kebijaksanaan
tersebut yaitu maslah bagaimana penerapan suatu system filing benar – benar
tepat dilakukan, bagaimana kegunaan penyimpanan suatu papers atau apa yang akan
diperoleh dengan penyimpanan suatu papaers dapat kita pelajari dalam
kebijaksanaan di bidang Records Retention Schedule.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar